Latest News

Instal XP Tanpa Fllopy di Notebook Baru

Saturday, August 15, 2009 , Posted by Santoso at 3:06 PM

Apabila kita membeli notebook atau komputer baru saat ini, Sebagian besar direkomendasikan untuk menggunakan Windows Vista sebagai Operating System nya, bahkan ada beberapa seri notebook yang hanya memberikan driver Vista pada paket penjualannya.

Karena Windows Vista ini terasa berat, maka banyak diantara kita yang bermaksud menggantinya dengan Windows XP, tetapi ternyata banyak diantara kita yang mengalami kesulitan sewaktu akan menginstal, karena ternyata driver SATA Harddisk tersebut tidak dikenali oleh installer Windows XP (HD ga’ ke detek).

Hal ini saya temui waktu akan menginstal Windows XP pada notebook Compaq Presario v3837, Kita diharuskan memasukkan driver SATA tersebut pada saat instalasi Windows XP menggunakan Floppy external (USB Floppy), bagaimana bila kita tidak memilikinya ??

Dengan nLite kita tidak perlu lagi menggunakan floppy eksternal untuk memasukkan driver SATA pada saat instalasi WindowsXP, kita dapat menambahkan driver ini di CD installer Windows XP buatan kita sendiri.

1. Download Driver Windows XP notebook anda di websites resmi pabrikan notebook anda. (Jika tidak ada dalam paket penjualan).

2. Download SATA Driver (bisa juga di websites resmi pabrikan notebook anda).

2. Download nLite.

3. Download .NET Framework 2.0 (untuk menjalankan nLite).

4. Instal .NET Framework dan nLite di komputer anda.

5. Jalankan nLite, kemudian browse lokasi CD instaler Windows XP anda, misalnya apabila anda memasukkan CD instaler XP di CD ROM dan CD ROM anda berada di drive D: maka arahkan ke lokasi tersebut, kemudian tekan [Next].


6. Kemudian pilih tombol Drivers dan Bootable ISO (Untuk memasukkan Driver dan dilanjutkan dengan membuat ISO image yang nantinya akan di bakar di CD, kemudian tekan [Next].

7. Masukkan SATA driver dengan menekan tombol [Insert] dan arahkan ke lokasi dimana anda menyimpan driver SATA anda.

8. Pilih Driver yang akan anda masukkan, anda juga dapat memasukkan semua Driver dengan menahan tombol [Ctrl].

9. Tekan Yes untuk melanjutkan untuk membuat ISO Images.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment

Tulis Komentar Kamu Disini...